Dinding sel

Posted by Oji Bejo on Monday, August 22, 2011

(Dinding sel)
Dinding sel terdiri dari peptidoglikan, lemak dan protein. Sedangkan terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, kitin, dan lignin. Dinding sel dibentuk oleh kompleks golgi. Pada sel yang bertetangga, diantara dinding selnya terdapat lamela tengah yang banyak mengandung kalsium dan magnesium. sel sel yang bertetangga itu berhubungan dengan melalui pori pori yang disebut noktah. Noktah merupakan bagian dinding sel yang tidak mengalami penebalan. Oleh karena itu sitoplasma dapat keluar masuk dari sel satu ke sel yang lain melalui plasmodesma. Plasmodesma adalah tabung sitoplasma yang sangat halus dan menghubungkan sitoplasma dua sel yang saling berdekatan.
Pada beberapa sel, dinding sel yang tersusun atas selulosa mengalami penambahan zat lignin yang keras dan kaku. Dan setelah dewasa, umumnya sel sel itu akan mati, dan hanya dinding sel yang keras dan tebal yang tersisa. Kumpulan sel sel yang mati ini akan menjadi kayu, misalnya sel sel xilem yang terdapat pada tumbuhan dikotil.
Fungsinya:

1. Tempat pertukaran gas antara sel dengan lingkungannya.
2. Sebagai pelindung dan pemberi bentuk yang tetap pada sel.

    Pada dinding sel terdapat pori pori sebagai jalan keluar masuknya molekul molekul yang disebut lentisel. Dinding sel inilah yang membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan, karena dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan.
    Comments
    0 Comments

    { 0 comments... read them below or add one }

    Post a Comment