Struktur atom (part 1)

Posted by Oji Bejo on Friday, November 4, 2011

Di kelas X kita telah mengenal tentang teori atom menurut para ahli, seperti atom Dalton, atom Thomson, atom Rutherford, dan atom menurut Niels bohr. Kali ini kita akan membahas lebih rinci tentang teori atom menurut Niels bohr, Max planck dan Teori atom modern.

Namun sebelum kita membahas tentang teori atom kita harus mengetahui apa itu spektrum atom terlebih dahulu, karena spektrum atom mempunyai hubungan yang erat dengan atom.

Spektrum atom adalah radiasi yang dihasilkan oleh atom yang tereksitasi. Spektrum atom dibagi menjadi dua, yaitu: 

     - Spektrum kontinu : radiasi yang dihasilkan oleh atom yang tereksitasi yang terdiri dari berbagai warna yang bersinambungan, yaitu ungu, biru, hijau, kuning, jingga, merah.

 Semakin besar panjang gelombang maka semakin kecil energinya, maka artinya sinar ungu mempunyai foton dengan energi terbesar, sedangkan sinar merah mempunyai foton dengan energi terkecil.



   - Spektrum diskontinu atau spektrum garis : radiasi yang dihasilkan oleh atom yang tereksitasi yang hanya terdiri dari beberapa warna garis yang terputus putus.


Gambar di samping adalah contoh dari radiasi gas hydrogen yang hanya memiliki beberapa garis warna yang terputus putus, yaitu ungu, biru, merah.

Setelah mengetahui apa itu spektrum atom, sekarang kita mulai membahas tentang teori atom.

                  - Teori mekanika kuantum (Max planck)
Pada tahun 1900 Max planck menumbangkan teori para ahli fisika yang mengatakan bahwa radiasi elektromagnetik bersifat kontinu. Max planck mengajukan pertanyaan bahwa radiasi elektromagnetik bersifat diskret, yaitu suatu benda hanya dapat menyerap atau memancarkan radiasi elektromagnetik dalam bentuk paket paket kecil. Paket kecil itu dinamakan kuantum.
Teori Max planck menunjukkan bahwa elektron hanya dapat berada pada tingkat terntentu. Energi pada setiap kuantum atau paket paket kecil tergantung pada frekuensi radiasi yang dipancarkan atau diserap. Maka diperolehlah rumus:

E = h x f

E : Energi kuantum
h : Tetapan planck 
f : frekuensi radiasi 

Teori Max planck diperkuat oleh teori efek fotolistrik yang dikemukakan oleh Albert einstein pada tahun 1905. efek fotolistrik adalah keadaan dimana cahaya mampu mengeluarkan elektron dari permukaan logam (yang paling jelas adlaah pada logam alkali), oleh Einstein untuk satuan cahaya, satu kuantum radiasinya diberi nama foton.

                 - Teori Niels bohr

Pada tahun 1913 Niels bohr dapat menjelaskan mengapa spektrum atom berupa spektrum garis (diskontinu) dengan menggunakan teori Max planck.
Model menurut Bohr adalah sebagai berikut:
     - Atom inti bermuatan positif sedangkan disekelilingnya terdapat elektron yang bermuatan negative.
    - Spektrum atom menunjukkan bahwa elektron dalam atom hanya dapat beredar pada lintasan tertentu dengan tingkat energi tertentu pula. Pada lintasan itu elektron bersifat tetap (stasioner) tanpa pemancaran atau penyerapan energi.
Lintasan tersebut berupa lingkaran dengan jari jari tertentu yang disebut dengan kulit atom.
    - Pada keadaan normal elektron menempati kulit terendah, yaitu dimulai dari kulit K, L, M, dan seterusnya...
Keadaan di mana elektron menempati kulit terendah disebut tingkat dasar (ground state)
    - Elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain dengan adanya penyerapan atau pemancaran energi. Keadaan dimana elektron berpindah dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi disebut keadaan tereksitasi (excitade state). Namun keadaan tereksitasi merupakan keadaan yang tidak stabil dan hanya berlangsung sebentar. Elektron akan kembali pada tingkat energi yang lebih rendah disertai dengan pelepasan energi berupa gelombang elektromagnet. Energi yang menyertai perpindahan elektron bisa dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:









Oleh karena perpindahan elektron ini berlangsung antara kulit yang sudah tertentu tingkat energinya, maka atom hanya akan memancarkan radiasi dengan tingkat energi tertentu pula. Dengan demikian telah dijelaskan mengapa spektrum atom berupa spektrum garis.
Comments
1 Comments

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

ide pokok dari teori atom max planck ?
butuh jawaban sekarang

Post a Comment